Rabu, 23 November 2016

SEJARAH RAWON



SEJARAH RAWON



Rawon yang dikenal oleh masyarakat sebagai makanan khas Jawa Timur inimerupakan makanan khas yang sebenarnya belum memiliki asal usul yang jelas. Banyak dari penjual yang tidak tahu bagaimana asal mula rawon. Beberapa orang berspekulasi bahwamakanan ini adalah makanan raja-raja dahulu yang justru bermula dari akanan ini adalahmakanan rakyat jelata. Sebab, makanan rakyat biasanya lebih mudah populer karena menjadi bagian dari kalangan.Lantaran kuahnya yang hitam legam, banyak yang kurang menyukai penampilan supasli Jawa Timur ini. Namun, justru kuahnya yang hitam legam itulah, banyak juga yanglangsung jatuh cinta pada cicipan pertama.Dan rawon itu sendiri sudah di modifikasi sedemikian rupa. Dalam wujudnya banyakdiimbuhi embel-embel nama dan lokasi. Ada rawon Surabaya, rawon Blora, rawon Dengkul,rawon Malang, rawon Setan, rawon Nguling. Dan masih banyak lagi nama-nama dari rawontersebut. Bahkan hingga ke Singapura dan Malaysia sana, anda akan mudah menemmukanrawon. Namun satu yang tidak akan berubah dari rawon adalah menggunakan daging sapi(khusus untuk rawon) atau bagian buntut sapi dan tidak pernah menggantinya dengan dagingayam atau ragam sari laut lainnya. Kekhasan rawon yang biasa disantap dengan nasi adalahimbuhan sambal rawon. Ibarat jodoh, rawon tidak akan pernah lengkap tanpa sambal, tauge pendek, bawang goreng, dan tidak ketinggalan yaitu kerupuk, baik kerupuk udang maupunkerupuk putih.. Rasa kuah yang agak manis akan membuat sup hitam ini menjadi lauk yanglezat. Aromanya yang sangat khas karena dibubuhi bumbu khusus yang dinamakan keluak.Karena bumbu inilah, sup hitam ini menjadi gurih dan sedap.


FUNGSI MAKANAN TRADISIONAL

Fungsi dari rawon ini sendiri adalah untuk melestarikan makanan khas dari JawaTimur. Agar tetap bisa dirasakan oleh semua kalangan, dan turun temurun. Agar orang-orang bisa mengetahui apa saja makanan khas dari Jawa Timur. Jadi pada saat orang dari luar Jawa berkunjung ke daerah Jawa Timur tidak bingung memilih makanan khas. Mereka bisalangsung memilih makanan khas Jawa Timur salah satunya yaitu Rawon.

BUDAYA DAERAH

iasanya rawon dihidangkan pada saat hajatan, atau menu untuk makan siang. Karenarawon yang mempunyai kekhasan dalam makanannya ini jadi sangat cocok dihidangkanuntuk acara besar maupun untuk makan biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar